PAKAIAN ADAT BANJAR, PENGANTIN BANJAR, PAKET RIAS BANJAR HUB. 081297046330 DEKORASI PELAMINAN BANJAR DI JAKARTA, SANGGAR ADAT BANJAR DI JAKARTA, MC ADAT BANJAR, SIRAMAN ADAT BANJAR, MUSIK KESENIAN KHAS BANJAR, SEWA BAJU ADAT BANJAR, TARIAN BANJAR, TARI BANJAR

Pengantin adat Banjarmasin khas Kalimantan Selatan terdiri dari beberapa jenis, yaitu diantaranya adalah :
  • Pengantin Bagajah gamuling
  • Pengantin Baamar Galung Pancaran Matahari
  • Pengantin Babaju Kun Pacinan


Ketiganya merupakan busana pengantin khas Kalimantan Selatan ( Banjarmasin ) yang kuat akan pengaruh beberapa tradisi di dalam ini antara lain akulturasi budaya Dayak, Melayu, Banjar, hindu, dll yang kesemuanya itu menyatu dalam sebuah tradisi adat Budaya khas Kesultanan Banjar.


PENGANTIN BANJAR BAGAJAH GAMULING
Pengantin Bagajah Gamuling



Cerminan akulturasi itu bisa kita temukan di dalam penggunaan Jenis dan motif pada busana pengantin serta lengkap dengan penggunaan aksesoris dan untaian Melati yang menambah kesakralan sepasang pengantin Banjar khas Kalimantan Selatan.

Baamar Galung Pancaram Matahari







Lomba busana daerah Dharma Wanita
PT Kereta Api Indonesia di Bandung.


Pengantin Banjar Chika dan Afif 




Pada busana pengantin bagajah gamuling, nampak terlihat jelas pengaruh akulturasi budaya Dayak pada busana pengantin khas Banjarmasin Kalimantan Selatan.
Pengantin bagajah gamuling merupakan busana pengantin tertua dan klasik dalam tatanan berbusana pengantin khas Banjarmasin Kalimantan Selatan, Iya itu Zaman Sebelum masuknya Agama Islam ke Kalimantan Selatan.

Pada masa perkembangannya, seiring Kesultanan Banjar telah dipengaruhi oleh agama Islam, maka sesuai dengan pengaruh masuknya Islam tersebut, busana pengantin bagajah gamuling berkembang yang bermetamorfosis menjadi busana pengantin yang lebih sempurna seperti yang kita umum gunakan sekarang ini yaitu pengantin Baamar Galung pancaran matahari.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAKAIAN ADAT INDONESIA hub. Hp & whatsapp : 087776009390 atau 081297046330

PAKAIAN ADAT ACEH hub. 081297046330 atau 085211711318